SK/KD Kompetensi Kejuruan

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BIDANG STUDI KEAHLIAN       : BISNIS DAN MANAJEMEN

PROGRAM STUDI KEAHLIAN  : ADMINISTRASI

KOMPETENSI KEAHLIAN         : ADMINISTRASI PERKANTORAN (118)

  1. KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
1.1   Mendeskripsikan aplikasi perangkat lunak1.2   Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah dokumen/ naskah.
  1. Mengoperasikan aplikasi presentasi
2.1   Mendeskripsikan aplikasi presentasi2.2   Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi.
  1. Mengelola peralatan kantor
3.1   Melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor3.2   Menggunakan peralatan kantor

3.3   Memelihara peralatan kantor.

  1. Melakukan prosedur administrasi
4.1   Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor4.2   Melakukan surat-menyurat

4.3   Menata dokumen.

  1. Menangani penggandaan dokumen
5.1   Memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai5.2   Melakukan penggandaan dokumen

5.3   Mendistribusikan dokumen.

  1. Menangani surat/dokumen kantor
6.1   Mengidentifikasi jenis-jenis surat/ dokumen6.2   Memproses surat/dokumen

6.3   Mendistribusikan surat/dokumen

6.4   Memproses e-mail.

  1. Mengelola sistem kearsipan
7.1   Menentukan sistem kearsipan7.2   Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan

7.3   Mengimplementasikan sistem kearsipan

7.4   Memelihara sistem kearsipan.

  1.  Membuat dokumen
8.1   Membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen8.2   Mengidentifikasi kebutuhan dokumen

8.3   Membuat dokumen

8.4   Memproduksi dokumen.

  1. Memproses perjalanan bisnis
9.1   Mendeskripsikan perjalanan bisnis9.2   Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis.
  1. Mengelola pertemuan/rapat
10.1   Mempersiapkan pertemuan/rapat10.2   Menyelenggarakan pertemuan/rapat

10.3   Membuat catatan hasil pertemuan/ rapat

10.4   Mendistribusikan hasil pertemuan/ rapat.

  1. Mengelola dana kas kecil
11.1   Mempersiapkan administrasi kas kecil11.2   Membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil

11.3   Mendokumentasikan bukti-bukti kas kecil.

  1. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
12.1   Mendeskripsikan pelayanan prima12.2   Mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya

12.3   Memberikan pelayanan kepada pelanggan.

  1. Mengelola data/informasi di tempat kerja
13.1   Mengumpulkan data/informasi13.2   Melakukan pengolahan data/ informasi
  1. Mengaplikasikan administrai perkantoran di tempat kerja
14.1   Melaksanakan tata persuratan dan kearsipan14.2   Melaksanakan administrasi kepegawaian/ketenagaan

14.3   Melaksanakan administrasi keuangan

14.4   Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s