Materi 1

Posted: November 2, 2011 in Uncategorized

Sejarah Perkembangan Surat di Dunia.

Jaman dahulu kala. Surat sudah dikenal sebagai sebuah sarana menyampaikan ungkapan dalam bentuk tulisan. Pengirimannya dilakukan dengan beberapa cara yang sangat unik. Diantaranya mengirimkan dengan cara melarungkan surat  yang dimasukan kedalam sesuatu yang bisa mengapung di laut. Kemudian pegiriman dengan menggunakan binatang (Khususnya merpati). Cara ini menjadi sebuah pengiriman surat yang sangat populer.

Tentu saja akurasi atau ketepatan sampainya surat tersebut, masih menjadi pertanyaan. Karena pengiriman tersebut bisa saja tidak sampai, atau sampai kepada penerima yang tidak semestinya. Meski demikian, cara pengiriman tersebut menjadi awal sejarah yang sangat penting dalam perkembangan pengiriman surat.

Berikutnya, sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian dari tumbuhan. (Wikipedia)

Dewasa ini, ditengah perkembangan media elektronik, Surat dalam bentuk tulisan tangan di media kertas tetap menjadi salah satu media yang sangat penting. Sebagai contoh, dalam setiap peneriamaan pekerjaan, surat lamaran selalu ada sebagai salah satu syarat lamaran yang formal. Baik di perusahaan swasta maupun instansi dalam pemerintahan. Surat (dalam kertas) adalah syarat yang sangat penting.

Berikut ini beberapa alamat link yang dapat Anda tuju untuk memperkaya wacana Anda tentang sejarah perkembangan surat.

http://www.anneahira.com/penulisan-surat-resmi.htm

http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2011/07/30/surat-dan-perkembangannya-di-dunia-dan-indonesia/

http://id.wikipedia.org/wiki/Surat

http://id.wikipedia.org/wiki/Surat#Sejarah_surat_dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s